Selasa, 19 April 2011

Pupuk Organik dengan Kandungan N Tinggi

 

Posted on March 29, 2011 by isroi|  disalin oleh : maria – 19 April 2011

Di posting yang lalu saya sudah sampaikan tentang pupuk organik yang kandungan N-nya tinggi (klik di sini). Ternyata banyak mendapatkan respon, jadinya saya tanya lebih detail ke Olle Högblom tentang pupuk organik itu. Metode pembuatan pupuk itu ditemukan oleh kakeknya Olle yang namanya Nils Åkerstedt. mBah Nils Åkerstedt sekarang masih hidup dan umurnya sudah 85 tahun. Mbah Nils tinggal di sebuah pulau kecil di sebelah timur Swedia, cukup jauh jaraknya, sekitar 6 jam perjalanan dengan mobil.

Nils Åkerstedt
mBah Nils Åkerstedt (Sumber: http://www.barometern.se/familj/hurra/85-ar-nils-akerstedt%282138968%29.gm#articleimage-popup).

bukunya Nils ÅkerstedtmBah Nils ini dikenal sebagai salah satu ahli pertanian di Swedia. Mbah Nils banyak sekali menulis buku tentang pertanian (Gardening) dan menyebarkan pengetahuannya melalui seminar-seminar. Sudah banyak buku yang ditulisnya, salah satunya yang di sisi kanan ini. Sayangnya semua bukunya dalam bahasa Swedia, jadi saya mesti lebih rajin untuk belajar bahasa Swedia sebelum bisa membaca buku-bukunya.
Salah satu metode temuannya adalah pembuatan pupuk organik yang memiliki kandungan nitrogen tinggi. Dia menggunakan rumput-rumputan. Salah satu jenis rumput yang memiliki kandungan N tinggi disebut Brännässla yang banyak tumbuh liar di Swedia. Tanaman ini sepertinya tanaman herbaceous dan kalau kena kulit menyebabkan gatal-gatal. Kalau di desa saya dulu ada tanaman yang orang menyebutnya ‘kemadu’. Kalau kena kulit gatal dan panasnya minta ampun. Brännässla ini yang dibuat semacam kompos untuk pupuk organik.

Brännässla
(sumber: http://tedags.nu/index.php?main_page=page&id=59&chapter=5)

Brännäsla
(sumber: http://tedags.nu/index.php?main_page=page&id=59&chapter=5)

Brännässla
Brännässla

Pupuk organik yang dibuat dari rumput-rumputan ini bisa digunakan untuk memupuk tanaman apa saja, bunga-bungaan dan sayuran. Tanamannya pun bisa tumbuh subur seperti yang terlihat pada foto-fotonya mBah Nils.

Kalau ada waktu dan kesempatan ingin saya ketemu langsung dengan mBah Nils dan ‘ngangsu kawruh’ padanya. Amin.

Baca artikel sebelumnya: Pupuk Organik dengan Kandungan N Tinggi

Cara pembuatannya (in Svenska): Ekoblandning – näringsrik, miljövänlig, billig. Du gör den själv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan dan kesan anda