Sabtu, 30 April 2011

KONTEKS AGAMA BUDHA

KONTEKS AGAMA BUDHA

          Dalam konteks agama Budha, kehidupan manusia itu berulang-ulang. Mereka tidak hanya mengalami sekali atau dua kali saja. Selama masih membersihkan nafsunya, maka akan menyebabkan kelahiran kembali. Inilah yang disebut Reinkarnasi.

         Sebenarnya proses kembalinya manusia ke masa lampau dapat dilalui dua cara, yaitu roh dan jasad roh. Maksudnya bila manusia ingin melewati ruang dan waktu biasa menggunakan bantuan media roh, dengan cara melepaskan roh dari jasad. Atau keduanya antara jasad dan roh berjalan beriringan sejajar, dan saling bergandengan.

         Teori Reinkarnassi mengatakan, bila kita pernah hidup sebelumnya, maka kita akan menjalankan kehidupan pada masa datang. Berapa lama waktu yang dibutuhkan setiap Reinkarnasi sangat tergantung pada kehidupan tingkat spiritualnya atau perkembangan jiwa seseorang tersebut.

         Manusia mengakui ada kehidupan sebelum yang sekarang. Tapi tidak setiap manusia mengakui adanya reinkarnasi (kelahiran kembali pada tubuh yang baru). Orang-orang yang mengikuti ajaran tertentu tegas-tegas menolak, kepercayaan adanya Reinkarnasi.

2 komentar:

  1. kakek saya menunjukkan kubur saya.katanya aku pernah hidup sebagai laki2.ketika saya kumjungi kuburan itu ternyata kalau malam banyak orang2 pada mengaji dan berdoa disana.saya bertanya siapa yang dikubur disitu ,penjaga itu menjawab; itu patih raja Banten.ketika saya membaca al fatekha dan salam khusus yang diajarkan orang yang mengenal nya ,dan seperti terhubung sekejab.aneh juga sih.

    BalasHapus
  2. pantas aja waktu saya pertama kali ke mesjid Banten ,ada tumpukan sampah dan saya bilang kalau dibawanya itu ada kolam untuk wudhu ,benar saja kunjungan saya tahun berikutnya benar2 sudah terbukti ada dan ditata bersih. Saya juga heran kok aku berkata begitu ,aku kan orang Malang, kapan aku ke Banten.

    BalasHapus

Tinggalkan pesan dan kesan anda